CONTOH KASUS KESALAHAN BERBAHAS DALAM MEDIA MASSA


CONTOH KASUS KESALAHAN BERBAHAS DALAM MEDIA MASSA

1.    Iklan Pray for Indonesia



 Seharusnya dalam iklan ini tidak perlu menggunakan bahasa Inggris.di dalam negara kita ini pastinya tidak semua orang dapat mengerti bahasa inggris jadi, Akan lebih mudah dipahami jika semua pesan berbahasa Indonesia. Seperti “pray for a better Indonesia” seharusnya bisa ditulis dengan “berdoa untuk Indonesia lebih baik”

2.    Iklan Pemilihan Gubernur


Penulisan di atas memiliki kesalahan berbahasa yaitu kata yok pada gambar diatas seharusnya diganti dengan kata mari.

3.     Iklan Listrik


           

 Pada iklan listrik ini terdapat kata yang kurang tepat yaitu kata ‘jepret’ ini tentu bukan merupakan bahasa yang baik seharusnya diganti dengan kata ‘padam’ dan juga ditambahkan


4.    Iklan sekolah gratis


 Dalam iklan di atas penulisannya agak sulit untuk diterima kebanyakan orang karena di dalam tulisan ‘sekolah harus bisa’ tidak memakai tanda baca menjadi sekolah,harus bisa mungkin akan terkesan lebih jelas maknanya untuk orang yang membaca.


5.    Iklan One Day No Rice



Pada iklan di atas penulisannya menggunakan bahasa inggris,  seharusnya menggunakan bahasa indonesia, kita seharusnya  memakai bahasa negara sendiri yaitu bahasa indonesia  misalnya diubah menjadi  Satu Hari Tanpa Nasi akan lebih dapat diterima oleh masyarakat indonesia.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

ISTILAH DALAM EKONOMI MANAJEMEN A-Z

ISTILAH DALAM EKONOMI MANAJEMEN A-Z

Amortisasi
Prosedur akuntansi yang secara berangsur-angsur mengurangi nilai biaya yang usianya terbatas atau harta tak berwujud melalui pembebanan berkala terhadap pendapatan. Bagi harta tetap istilah yang digunakan adalah Penyusutan, bagi pertambangan (sumber alam) adalah deflasi. Pada dasarnya arti kedua istilah tersebut sama dengan amortasi. Pada umumnya perusahaan melakukan penghapusan melalui amortasi untuk harta tak berwujud seperti Goodwill. Juga lazim dilakukan amortasi terhadap setiap nilai yang dibayar di atas nilai pari atas pembelian saham istimewa (Preferen) atau obligasi. Tujuan amortasi adalah untuk mencerminkan nilai penjualan kembali atau penebusan
Amortization Fund (Dana Utang)
Pengumpulan uang yang dilakukan secara berkala untuk membayar utang.
Analisis deret waktu
hasil observasi yg diatur dan didapat menurut ukuran kronologis waktu.
Analisis ekuilibrium parsial
analisis yg mengkonsentrasikan pada pengaruh perubahan dalam masing – masing pasar.
Analisis keseimbangan umum (general equilibrium analysis)
Adalah gambaran umum tentang hubungan saling mempengaruhi di antara berbagai pasar barang dan pasar faktor dari barang-barang yang terdapat dalam perekonomian. Dalam analisis ini ditunjukkan bagaimana perubahan pasaran sesuatu barang (misalnya minyak) akan mempengaruhi pasar barang lainnya (misalnya mobil, angkutan umum, dan pendapatan serta konsumsi masyarakat).
Anchor Currency (Mata Uang Acuan)
Suatu mata uang yang dipilih karena stabilitasnya yang diharapkan dan diterima secara internasional. Bagi banyak dewan mata uang, poundsterling Inggris dan dolar Amerika Serikat telah menjadi suatu anchor currency . Meskipun, untuk beberapa sistem yang mirip dewan mata uang yang ada sekarang atau sedang diusul-kan menganggap mark Jerman sebagai anchor currency . Mata uang acuan ini tidak harus dikeluarkan oleh suatu bank sentral. Sedikit dewan mata uang yang telah menggunakan emas sebagai anchor currency
Anggaran actual
jumlah anggaran yang dicatat pada tahun tertentu.
Anggaran berimbang
suatu anggaran yang disusun sedemikian rupa sehingga total belanja sama dengan total penerimaan.
Anggaran deficit
perbedaan antara pengeluaran pemerintah dengan penerimaan pajak.
Anggaran pemerintah
laporan anggaran pemerintah yg mengemukakan rencana belanja dan penerimannya selama suatu periode tertentu.
Bank
badan usaha yg menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kemabali kepada masyarakat.
Bapepam
Badan Pengawas Pasar Modal (Capital Market Supervisory Agency), sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 53 Tahun 1990
Bappebti
Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, lembaga pemerintah di bawah Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang berwenang melakukan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan di bidang perdagangan berjangka
Barang
segala macam barang atau jasa yang dapat memuaskan keinginan material.
Barter
cara perdagangan dimana barang ditukar dengan barang
Batas kemungkinan produksi (production possibilitirs frontier)
Adalah produksi yang dapat diciptakan masyarakat pada suatu periode tertentu apabil faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah.
Batas Maksimum
Batas maksimum posisi terbuka Kontrak Berjangka yang dimiliki secara langsung atau tidak langsung oleh Pihak di luar Pihak yang melakukan lindung nilai
Batas Wajib Lapor
Jumlah posisi terbuka Kontrak Berjangka yang dikuasai oleh Pihak yang telah mencapai batas tertentu yang wajib dilaporkan kepada Bursa Berjangka sesuai peraturan dan tata tertib Bursa Berjangka
Bauran kebijakan fiscal dan moneter
kombinasi kebijakan fiscal dan moneter yg dipergunakan untuk mempengaruho aktivitas makroekonomi.
Bea Cukai/ Pabean
Instansi resmi dari suatu negara yang mengawasi barang-barang keluar-masuk daerah pabean masing-masing dengan memberikan ijin untuk pemuatan barang ke kapal bagi eksportir dan ijin untuk pelepasan barang dari pelabuhan untuk dimaksudkan ke daerah pabean bagi importir sesuai dengan ketentuan.
Cadangan bank
bagian atas simpanan masyarakat di bank yg harus disimpan di khasanah atau dibank sentral tanpa menerima bunga.
Cadangan rasional
menyelesaikan kesulitan likuiditas luar negeri atau neraca pambayaran luar Negara
Call
Hak untuk melunasi obligasi yang sedang beredar sebelum jatuh tempo. Kapan pelunasan tersebut dapat dilakukan biasanya dijelaskan pada prospektus yang dikeluarkan bersamaan dengan penerbitan obligasi tersebut kepada masyarakat. Pengertian lain dari Call adalah hak untuk membeli sejumlah saham pada harga tertentu dan pada tanggal yang sudah ditentukan.
Call Money
Pinjaman uang untuk jangka waktu sangat pendek (maksimal 8 hari) untuk mengatasi kesulitan likuiditas sementara suatu perusahaan.
Call Of Bond
Pemberitahuan bahwa obligasi oleh emiten akan dilunasi baik sebelum atau pada hari tunai.
Call Option
Hak untuk membeli sejumlah tertentu saham dari pemegang saham pada harga atau indeks yang sudah ditentukan. Bagi si pembeli yang berpikir harga akan naik, Call Option akan memberikan keuntungan dengan investasi yang lebih sedikit daripada harus membeli langsung saham tersebut. Pemegang (pembeli) option akan membayar fee kepada penjual option.
Call Premium
·  Premi yang diberikan oleh emiten apabila dilakukan penebusan sebelum hari tunai
Call Loan
Pinjaman yang harus dibayar kembali setelah diminta dilunasi oleh si peminjam dengan memperlihatkan jangka waktu yang telah disepakati.
Calleable
Obligasi yang dapat dilunasi oleh penerbitnya sebelum jatuh tempo. Perusahaan harus membayar kepada pemegang harga premi bila suatu efek dilunasi sebelum waktunya. Obligasi disebut Call bila suku bunganya turun cukup tajam, sehingga penerbit akan lebih untung bila ia menerbitkan obligasi baru dengan bunga yang lebih rendah.
Called Away
·  Suatu istilah yang digunakan untuk obligasi yang dilunasi sebelum jatuh tempo
Deficit (Defisit)
Kekurangan anggaran belanja suatu badan usaha, atau pengeluaran biaya besar disbanding penerimaan pendapatan
Deficit anggaran
berlaku dipemerintahan , kelebihan total belanja dari total penerimaan.
Deficit anggaran belanja
belanja pemerintah untuk barang, jasa, dan pembayaran transfer yg melebihi penerimannya dari pajak dan dan sumber pendapatan .
Deflasi
penurunan tingkat harga secara umum
Dekonsentrasi
Pelimpahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah (Pusat) kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah dan/atau kepada instansi vertikal di wilayah tertentu.
Delayed Opening
(Perdagangan Tertunda)Waktu perdagangan di bursa yang tertunda
Delisting (Penghapusan Pencatatan)
Penghapusan Efek dari daftar Efek yang tercatat di Bursa sehingga Efek tersebut tidak dapat diperdagangkan di Bursa
Delivery Bill
(Bukti Serah) Pemberitahuan kepada bagian kas untuk menyerahkan sekuritas kepada makelar lain.
Demand pull inflation
inflasi harga yg diakibatkan oleh kelebihan permintaan dari persediaan barang yg ada
Demand Seposit
(Giro) Simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lain, atau dengan cara pemindah bukuan.
Efisiensi
penggunaan sumber daya ekonomi yg menghasilkan tingkat kepuasan maksimum yg muingkin pada input tertentu.
Ekonometrika
cabang ekonomi yg menggunakan metode statistic untuk mengukur dan mengestimisasi hubungan ekonoi kuantitatif
Ekonomi kesejahteraan
analisis normative system ekonomi, yaitu studi mengenai apa yg salah atau benar mengenai berfungsinya perekonomian .
Ekonomi pengetahuan (knowledge economy)
Merupakan ekonomi di mana penciptaan (produksi), penyebarluasan (distribusi) dan pemanfaatan/pendayagunaan ilmu pengetahuan menjadi penggerak utama pertumbuhan, pengembangan kesejahteraan, dan penciptaan/perluasan lapangan kerja di semua industri/sektor ekonomi (McKeon dan Weir, 2000). Istilah berbeda dengan makna/maksud serupa: knowledge-driven economy, ekonomi baru (new economy), ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge-based economy)
Ekspor (Eksport)
Barang dan jasa diproduksi di suatu negara dan dijual ke negara lain. Ekspor mencakup baik barang fisik maupun jasa. Ekspor dinilai sesuai harga pasar pada saat transaksi dan dicatat pada saat dikapalkan (Free on board, FOB).
Ekspor neto
nilai ekspor barang dan jasa dikurangi nilai impor barang dan jasa
Eksportir
Perorangan atau badan usaha yang melakukan perdagangan dengan cara mengeluarkan barang atau jasa dari dalam ke luar wilayah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Ekstensifikasi modal
tingkat pertumbuhan jumlah modal riil yg tepat sama dengan pertambahan angkatan kerja .
Eksternalitas disekonomis
tindakan perusahaan yg menimbulkan beban pada pihak lain yg tidak dikompensasi.
Eksternalitas ekonomi
Dampak tertentu (positif jika dalam bentuk “manfaat,” dan negatif jika dalam bentuk “biaya/risiko”) akibat tindakan tertentu (produksi atau konsumsi) yang mempengaruhi seseorang/pihak tertentu yang tidak sepenuhnya (selalu) menyetujui (mengijinkan atau menyadari) tindakan tersebut.
aktor-faktor produksi
Adalah unsur-unsur dalam kegiatan memproduksi yang terdiri dari tenaga manusia, dengan pemikirannya dan benda-benda yang diciptakan oleh alam (seperti tanah) atau oleh manusia (seperti peralatan pabrik) yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
Faktur
adalah merupakan dokumen akuntansi (accounting document) yang menyatakan perincian barang serta harganya termasuk indikasi syarat-syarat dalam kontrak atas transaksi barang dimaksud, lazim disebut Invoice atau Commercial Invoice
Falling Knife
Istilah dalam analisa perdagangan pasar modal yang secara langsung dapat diterjemahkan sebagai “pisau yang jatuh”. Ini menggambarkan suatu saham yang berada di tengah-tengah kejatuhan harga yang sangat dalam. Artinya meskipun harga turun jauh, penurunan ini belum selesai. Sebagaimana istilahnya, investor diminta untuk "tidak menangkap pisau yang jatuh, karena akan terluka."
Fill Or Kill
Amanat penjualan sekuritas dengan harga yang tak dapat ditawar
Financial Documents
adalah merupakan dokumen akuntansi (accounting document) yang menyatakan perincian barang serta harganya termasuk indikasi syarat-syarat dalam kontrak atas transaksi barang dimaksud, lazim disebut Invoice atau Commercial Invoice.
Financial Statement
(Laporan Keuangan) Laporan yang terdiri dari neraca, perhitungan rugi-laba, perhitungan dana atau perhitungan tambahan atau penyajian data keuangan lainnya yang berasal dari pembukuan.
Firma (perusahaan)
Adalah unit produksi dalam teori ekonomi yang berfungsi menghasilkan barang yang diperlukan konsumen/pembeli.
First Mortgage Bonds
(Obligasi Jaminan Hipotik). Obligasi dengan jaminan hipotik ke-1 atas semua atau sebagian aktiva dari perseroan. Dalam hubungan ini dibedakanclosed mortgage, open mortgage dan after acquired property clause. Closed mortgage adalah bond yang aktiva yang dijaminkannya tidak diperkenankan untuk dibebani dengan hipotik lain. Open mortgage adalah bond yang aktiva jaminannya diperuntukkan bagi beberapa seri pengeluaran bond.
General Trade
(Sistem perdagangan umum) Sistem perdagangan internasional yang dilakukan penduduk suatu negara, termasuk penduduk yang tinggal di kawasan berikat (bonded zone) karena kawasan berikat dianggap sebagai dalam negeri
Gerakan pajak tunggal
gerakan di abad XIX yg dipelopori oleh Henry George yg beranggapan bahwa berkelanjutan kemiskinan ditengah kemajuan ekonomi yg mantap.
Gerakan sepanjang kurva penawaran
Adalah hubungan antara tingkat harga dengan kuantitas yang ditawarkan mengalami perubahan sepanjang kurva penawaran. Perubahan seperti ini berlaku sebagai akibat perubahan harga.
Gerakan sepanjang kurva permintaan
Adalah hubungan antara tingkat harga dengan kuantitas yang diminta mengalami perubahan sepanjang kurva permintaan. Perubahan seperti ini berlaku sebagai akibat perubahan harga.
Giro
adalah simpanan dana pihak ketiga pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, surat oerintah bayar lainnya serta media lainnya, seperti ATM, lazim disebut Rekening Koran.
Giro Wajib Minimum (GWM)
Simpanan minimum yang harus dipelihara oleh Bank dalam bentuk saldo giro pada Bank Indonesia yang besarnya ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar persentase tertentu dari dana pihak ketiga Bank
GNP nominal
nilai dari seluruh jasa dan barang jadi yg diproduksi dalam kurun waktu tertentu oleh suatu Negara pada pasar
GNP potensial
tingkat gnp maksimum yg dapat dipertahankan pada suatu tingkat teknologi dan populasi tertentu
GNP potensial
sebuah perhitungan gnp yg dapat dicapai dengan toleransi angka penggangguran sekitar 3% hingga 9%.
GNP riil
gnp nominal yg telah dikoreksi dengan factor inflasi, yaitu gnp nominal / deflator gnp
ak cipta (copy rights)
Adalah hak yang diberikan kepada pengarang atau penggubah lagu untuk secara eksklusif memproduksi dan menjual barang yang dihasilkannya, dan melarang pihak lain menjalankan hak yang sama.
Hak kekayaan intelektual (HKI)
Hak memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan (UU No. 18 tahun 2002).
Hak paten
Adalah suatu hak yang diberikan kepada perusahaan unuk secara eksklusif memproduksikan sesuatu barang yang diciptakannya dan tidak boleh diproduksikan oleh perusahaan-perusahaan lain.
Hak paten
hak eksklusif yg diberikan kepada seorang penemu untuk mengawasi dan menikmati penggunaan temuannya selama 17 tahun
Hambatan perdagangan
sarana proteksi yg digunakan pemerintah untuk mencegah impor
Hammering The Market (Prediksi Pasar Saham Turun)
Keinginan untuk menjual saham karena diperkirakan akan terjadi inflasi. Spekulator yang memperkirakan pasar akan melorot dan kemudian menjual saham yang mereka miliki biar disebut hammering the market
Harapan atau ekspektasi
pandangan mengenai variabel yg belum pasti seperti suku bunga dan harga atau pajak.
Harapan rasional
bagian atas pandangan tentang perekonomian yg dianut oleh para pelopor ilmu makroekonomi harapan rasional
Hard Currency
adalah sebutan yang diberikan kepada beberapa mata uang valuta asing yang dalam transaksi moneter internasional mempunyai keunggulan posisi, misalnya US Dollars, Pound Sterling, Deutch Mark.
Hard Money (Uang Unggul)
Mata uang yang diterima secara luas di berbagai negara di dunia. Mata uang ini biasanya dari negara yang ekonomi dan politiknya stabil seperti US.$. Negara-negara yang mengambil pinjaman di dalam hard money pada umumnya harus membayar kembali di dalam hard money
Idle Money
uang atau sumber dana yang dimiliki tidak dipergunakan/dimanfaatkan untuk keperluan produktif.
Ikhtisar rugi / laba
laporan aktifitas usaha suatu perusahaan untuk suatu perusahaan dan untuk suatu periode tertentu
Ilmu ekonomi
ilmu yg mempelajari daya upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan.
Ilmu ekonomi deskriptif
ilmu yg memaparkan gambaran fakta – fakta ttg kehidupan ekonomi
Ilmu Ekonomi Normatif
Ilmu ekonomi positif dengan memasukkan unsur nilai-nilai moral dan etika karena adanya anggapan bahwa Ilmu Ekonomi Positif terlalu sempit, kering dan gersang.
Ilmu Ekonomi Positif
Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memilih dan mengalokasikan sumber-sumber alam secara efisien. Ada tiga sebab utama munculnya ilmu ekonomi. Pertama kebutuhan manusia yang sangat banyak ragamnya. Kedua jumlah barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia adalah terbatas dan langka, sehingga manusia harus memilih. Ketiga sumber-sumber alam dalam keadaan aslinya tidak bisa langsung dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga diperlukan proses produksi.
Ilmu ekonomi sisi penawaran
pandangan yg menekankan perlunya kebijakan yg akan mempengaruhi penawaran agregat atau output potensial.
Ilmu ekonomi teori
ilmu ekonomi yg membahas gejala – gejala yg timbal akibat dari perbuatan manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan
Ilmu ekonomi terapan
ilmu ekonomi yg membahas penerapan teori ekonomi dalam kehidupan nyata
Ilmu makroekonomi
membahas tentang perilaku perekonomian secara keseluruhan , termasuk hasil produksi , pendapatan , harga dan penggangguran.
Jasa-jasa
Adalah bebagai bentuk pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dihasilkan oleh alam (misalnya pantai yang indah) atau dihasilkan dalam kegiatan produksi oleh faktor-faktor produksi.
JATS (Jakarta Automated Trading System)
Sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer
JATS Trader
Direktur atau pegawai Anggota Bursa Efek yang telah memiliki izin orang perseorangan dari Bapepam sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek dan telah memperoleh Surat Persetujuan JATS Trader (SP-JATS) dari Bursa untuk mewakili Anggota Bursa Efek dalam melaksanakan perdagangan Efek di Bursa melalui JATS sesuai dengan Peraturan Bursa
Jobber (Pembentuk Pasar)
Pedagang besar yang membeli barang-barang dalam jumlah kecil dari produsen, importir atau pedagang besar lainnya, dan selanjutnya dijual kepada pengecer. Di London Stock Exchange jobber disebut pembentuk pasar (market maker)
Joint Account
adalah suatu penggabungan kepentingan dua pihak untuk membuka rekening bersama dengan ketentuan bahwa setiap transsaksi harus sepengetahuan dan ditanda tangani oleh dua pihak tersebut .
Joint Bond (Obligasi Jaminan Induk)
Obligasi yang mempunyai lebih dari satu perusahaan untuk menjamin pelunasannya. Obligasi semacam ini sudah lumrah di luar negeri dimana perusahaan induk menjamin pelunasan obligasi yang diterbitkan anak perusahaannya
Joint Ventura (Usaha Patungan)
Persetujuan diantara dua pihak atau lebih untuk melakukan kerjasama di dalam suatu proyek, seringkali suatu joint venture dilakukan apabila perusahaan-perusahaan dengan teknologi yang saling melengkapi ingin menciptakan barang atau jasa yang akan saling memperkuat posisi masing-masing perusahaan. Suatu joint venture biasanya dibatasi pada suatu proyek
Jumlah Ganti Rugi
Jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pialang berjangka berdasarkan keputusan badan peradilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang mengikat
Jumlah produksi fisik
Adalah jumlah produksi yang diciptakan oleh suatu faktor produksi yang dapat ditambah menurut kebutuhan. Semakin banyak kuantitas faktor produksi tersebut digunakan, semakin tinggi tingkat produksi yang dicapai.
Junk Bond (Obligasi Berisiko)
Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan tanpa catatan yang jelas tentang penjualan dan keuntungan atau reputasinya masih dipertanyakan
Kaffirs
Istilah yang digunakan di Inggris yang berhubungan dengan saham dari perusahaan tambang emas di Afrika Selatan. Saham ini diperdagangkan di pasar luar bursa di Amerika Serikat di dalam bentuk American Depository Receipt (ADR) yang memiliki hak terhadap surat saham yang disimpan disuatu bank asing. Dibawah peraturan yang berlaku di Afrika Selatan kaffirs harus membayar sebagian besar dari keuntungannya kepada pemegang saham dalam dividen
Keahlian keusahawanan (kewirausahaan atau enterpreneurship)
Adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengorganisasi dan menggunakan faktor-faktor lain dalam kegiatan memproduksi barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
Kebijakan fiscal
program pemerintah menyangkut pembelian barang dan jasa serta pengeluaran untuk pembayaran transfer
Kebijakan harga maksimum
Adalah kebijakan pemerintah yang menetapkan harga sesuatu barang lebih rendah dari harga yang akan ditetapkan oleh interaksi di antara permintaan dan penawaran apabila mekanisme pasar dibiarkan berfungsi.
Kebijakan harga minimum
Adalah kebijakan pemerintah yang menetapkan harga sesuatu barang lebih tinggi dari harga yang akan ditetapkan oleh interaksi di antara permintaan dan penawaran apabila mekanisme pasar dibiarkan berfungsi.
Kebutuhan masyarakat
Adalah barang dan jasa yang diciptakan dalam kegiatan memproduksi dalam suatu negara/masyarakat dan akan dibeli oleh individu-individu yang mengingininya.
Kecakapan Profesi
Keahlian manajemen perusahaan dan/atau kemampuan untuk membuat analisis tentang perkembangan serta prospek ekonomi dan politik yang berpengaruh terhadap perdagangan komoditi
Kekeliruan komposisi
kekeliruan dari anggapan bahwa apa yang berlaku bagi perorangan akan berlaku juga pd kelompok atau keseluruhan system
Kekuasaan monopoli
Adalah kemampuan yang dimiliki oleh pengusaha untuk mempengaruhi tingkat harga penjualan barangnya, dan keinginan konsumen untuk membeli barangnya. Kekuasaan monopoli ini diperoleh dari menghasilkan barang yang berbeda dengan barang lainnya. Kekuasaan monopoli yang mutlak (absolut) diperoleh apabila perusahaan merupakan satu-satunya produsen di pasar.
Kelangkaan/kekurangan
Adalah keadaan yang tidak seimbang yang berlaku dalam setiap masyarakat yaitu keadaan di mana barang dan jasa yang dapat dihasilkan oleh faktor produksi yang tersedia adalah jauh lebih rendah daripada yang dibutuhkan masyarakat.
Laporan Audit
Pernyataan resmi pemeriksa buku berdasarkan fakta yang ditemukannnya dalam penelitian pembukuan perusahaan
Lease
Kontrak sewa menggunakan real estate, peralatan atau aktiva tetap untuk jangka waktu tertentu. Pemilik barang modal disebut lessor dan pengguna disebut lessee
Leasing Company (Perusahaan Sewa Guna Usaha)
Badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara Finance Lease mapun Operating Lease untuk digunakan oleh Penyewa Guna Usaha selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala
Legal Consultant (Konsultan Hukum)
Ahli hukum yang memberikan dan menandatangani Pendapat Hukum mengenai Emisi atau Emiten
Legal Opinion (Pendapat Hukum)
Suatu pernyataan mengenai aspek hukum tentang Emisi atau Emiten, yang dibuat berdasarkan tinjauan dan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh konsultan
Lembaga Kliring Berjangka
Badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan /atau sarana untuk pelaksanaan kliring dan penjaminan transaksi Kontrak Berjangka yang terjadi di Bursa Berjangka dan didaftarkan padanya
Lembaga Kliring dan Penjamin
Pihak yang menyelenggarakan kegiatan Kustodian sentral bagi Bank Kustodian, Perusahaan Efek, dan Pihak Lain.
Lembaga Perdagangan
Suatu institusi/badan yang dapat berbentuk perorangan atau badan usaha baik sebagai Eksportir, Importir, Pedagang Besar, Pedagang Pengecer, ataupun lembaga-lembaga perdagangan lain yang sejenis, yang di dalam tatanan pemasaran barang dan/atau jasa, melakukan kegiatan perdagangan dengan cara memindahkan barang atau jasa bbaik langsung maupun tidak langsung dari produsen sampai pada konsumen
Leverage
Kemampuan untuk memungkinkan membuat keuntungan yang besar atau menderita kerugian yang besar dengan penempatan uang (margin) dalam jumlah yang kecil
M1
Merupakan kewajiban sistem moneter yang terdiri atas uang kartal dan uang giral. M1 sering disebut sebagai uang beredar dalam arti sempit (narrow money)
M2
Merupakan kewajiban sistem moneter yang terdiri atas uang kartal, uang giral dan uang kuasi. M2 sering disebut sebagai uang beredar dalam arti luas (broad money) atau likuiditas perekonomian
Makroekonomi
Adalah salah satu bidang studi dalam ilmu ekonomi yang melihat dan menganalisis tentang kegiatan ekonomi yang berlaku dalam negara melalui analisis yang bersifat menyeluruh (agragat).
Manager Investment
(Manajer Investasi) Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku
Managing Lead Underwriter
(Penjamin Utama Emisi Efek) Penjamin emisi efek baik sendiri-sendiri atau bersama-sama bertanggung jawab atas penyelenggaraan suatu penawaran umum
Manfaat sosial bersih (net social benefits)
Adalah keuntungan yang diperoleh masyarakat setelah ditolak oleh keburukannya yang diakibatkan oleh operasi perusahaan-perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat.
Manipulasi
Tindakan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam waktu bersamaan menguasai sebagian besar persedian komoditi secara fisik dan Kontrak Berjangka pada posisi beli. Tindakan tersebut dapat menyebabkan situasi pasar dimana jumlah pasokan komoditi secara fisik menjadi langka sehingga harga komoditi tersebut melonjak dan mempengaruhi harga yang terjadi di Bursa Berjangka, yang juga akan meningkat di atas normal yang tidak mencerminkan keadaan pasokan dan permintaan yang sebenarnya
Manipulation (Manipulasi)
Tindakan yang melanggar tata tertib perdagangan di Bursa. Antara lain dengan menaikkan atau menurunkan harga sekuritas agar pihak lain terdorong untuk menjual atau membeli
Margin
Sejumlah uang dan/atau surat berharga tertentu yang harus disetorkan oleh Nasabah kepada Pialang Berjangka, oleh Pialang Berjangka kepada Anggota Kliring Berjangka, atas setiap Nasabah yang ditempatkan kepada Pialang Berjangka, dan sebagai jaminan pelaksanaan transaksi Kontrak Berjangka yang dibuat berdasarkan amanat tersebut
National Income
Pendapatan nasional merupakan produk nasional neto atas dasar biaya faktor produksi
Negotiated Market
(Pasar Bernegosiasi)Pasar tempat transaksi jual-beli efek secara langsung antara pembeli dan penjual sehingga terbentuk harga
Neraca
Daftar yang menyajikan secara singkat posisi harta benda dan utang suatu perusahaan/unit ekonomi pada suatu saat tertentu
Net Asset Value (NAV)
(Nilai Aktiva Bersih Dari Reksa Dana) Nilai pasar yang wajar dan kekayaan lain dari Reksa Dana dikurangi seluruh kewajibannya
Net Domestic Asset (NDA)
Tagihan bersih otoritas moneter atau sektor moneter kepada sektor swasta domestik. NDA otoritas moneter terdiri dari tagihan bersih kepada pemerintah (NCG), kredit likuiditas Bank Indonesia (KLBI), bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI), tagihan lainnya, operasi pasar terbuka (OPT), dan lainnya bersih (Net other items/NOI). Sementara itu, NDA sistem moneter terdiri dari tagihan bersih kepada pemerintah (Net claim on Government/NCC), tagihan kepada sektor usaha, dan lainnya bersih (NOI)
Net Inflow
Uang yang diedarkan inflow lebih besar dari outflow
Net Interest Margin (NIM)
Selisih nominal antara pendapatan bunga dengan biaya bunga
Net International Reserve (NIR)
Tagihan bersih otoritas moneter kepada sektor luar negeri yang terdiri dari liquit reserve (seperti securities, foreign deposit, gold, bank notes), dan other reserve (seperti export drafts). NIR sering disebut sebagai cadangan devisa bersih Pemerintah
Net National Product
Produk nasional neto merupakan produk nasional bruto dikurangi dengan seluruh penyusutan atas barang-barang modal tetap yang digunakan dalam proses produksi selama satu periode (setahun)
Net National Product at Factor Cost
Produk nasional neto atas dasar biaya faktor produksi adalah produk nasional neto atas dasar harga pasar dikurangi dengan pajak tidak langsung neto. Pajak tidak langsung neto merupakan pajak tidak langsung yang dipungut pemerintah dikurangi dengan subsidi pemerintah. Baik pajak tidak langsung maupun subsidi, kedua-duanya dikenakan terhadap barang dan jasa yang diproduksi atau dijual
Obligasi Bunga Variable
Obligasi yang bunganya mengikuti tingkat bunga di pasar modal. Dalam hal tingkat bunga dipasar modal menaik, maka bunga kupon yang dibayarkan turut meningkat. Dalam hal tingkat bunga menurun, maka debitur mengizinkan pelunasan dipercepat atau melakukan konversi dengan pinjaman obligasi baru dengan bunga yang telah disesuaikan
Obligasi Dengan Bunga Tetap
Obligasi yang memberikan bunga tetap kepada pemiliknya yang dibayarkan setiap periode tertentu. Pada waktu jatuh tempo, pokok pinjaman dibayarkan kepada pemegang obligasi sekaligus
Obligasi Dengan Bunga Tidak Tetap Atau Mengambang
Obligasi yang memberikan bunga yang besarnya dapat ditetapkan dengan berbagai cara misalnya dikaitkan dengan index atau dengan tingkat bunga deposito atau tingkat bunga yang berlaku di pasaran luar negeri sepertiSibor atau Libor
Obligasi Dengan Garansi
Tidak saja pinjaman obligasi dapat dijamin dengan jaminan khusus akan tetapi disamping itu dapat juga diberikan garansi oleh pihak ketiga, yang pada umumnya diberikan oleh Negara
Obligasi Dengan Jaminan Aktiva
Obligasi yang dijamin dengana aktiva perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut yang tujuannya apabila pada saat jatuh tempo obligasi tersebut tidak dapat dilunasi, maka jaminan yang bersangkutan dapat dipergunakan untuk membayarkan kembali bunga yang terhutang termasuk jumlah pinjamannya
Obligasi Dengan Klausal Pilihan/Opsi Valuta Asing
Obligasi yang menetapkan lebih dulu pelunasannya dalam beberapa macam valuta (Dolar, Pound Sterling dll). Pada saat pelunasan, bunga dan cicilannya dibayar dalam valuta yang diinginkan oleh pemegang didasarkan pada kurs paritas yang telah ditetapkan terlebih dalulu
Obligasi Dengan Premi
Obligasi yang memberikan bunga yang lebih rendah dari obligasi biasa
Obligasi Index (Obligasi Indekasi)
Obligasi yang bunga dan cicilannya dikaitkan pada indeks biaya hidup yang bertujuan untuk melindungi obligasi dari penurunan daya beli
Obligasi Niragun
Obligasi yang tidak dijamin dengan harta tertentu, tetapi dikeluarkan atas dasar kepercayaan umum terhadap perusahaan atau perorangan
Obligasi Pendapatan
Obligasi yang bunganya dibayar jika perusahaan bersangkutan memperoleh laba dan bunga tersebut lazim dibayar mendahului pembayaran dividen kepada pemegang saham
Paid In Capital (Modal Disetor)
Jumlah dari modal yang ditempatkan dan telah disetor pada saat pendirian perusahaan. Paid paling sedikit 10% dari modal yang ditempatkan. (sesuai dengan peraturan yang berlaku)
Pajak penjualan
Adalah suatu jenis pajak yang dipungut pemerintah dan dikenal sebagai pajak tak langsung yang dikenakan pada ketika suatu barang dijual.
Par Value (Nilai Pari)
Nilai nominal saham pada saat diterbitkan
Paradoks nilai
Adalah keanehan dalam menilai barang berdasarkan harganya dengan berdasarkan manfaatnya kepada kehidupan manusia. Harga berlian tinggi tetap menfaatnya kepada manusia rendah. Sedangkan harga air rendah tetapi manfaatnya tinggi. Paradoks ini dapat diterangkan dengan menggunakan teori nilai guna.
Partial Listing
(Pencatatan Listing Sebagian Saham Yang Telah Disetor) Pencatatan di Bursa Efek, dari sebagian modal saham yang telah disetor. Misalnya modal disetor suatu perusahaan terdiri dari 2 juta saham, termasuk 500 saham yang go public melalui penawaran umum. Pada Waktu perusahaan mencatatkan sahamnya di Bursa, jumlah saham yang dicatatkan boleh 500 saham atau lebih, tetapi kurang dari 2 juta. Selisih dari jumlah saham yang dicatat dengan jumlah saham yang go public melalui penawaran umum, sewaktu-waktu dapat dijual memalui Bursa oleh pemiliknya
Participating Prefered Stock
(Saham Partisipasi Prioritas) Saham yang disamping hak prioritasnya atas dividen tetap masih dapat turut serta dalam pembagian dividen saham biasa
Partlypaid Shares (Saham Belum Lunas)
Saham perusahaan yang baru disetor sebagian oleh pemiliknya mengingat perseroan tidak memerlukan modal yang besar. Modal pertama hanya diperlukan untuk pembelian barang yang bergerak, biaya pemeliharaan dan sebagainya, sedangkan sisa yang belum disetor dianggap sebagai jaminan bagi para kreditur
Pasar
Tempat atau sarana tertentu di bursa efek atau bursa berjangka di mana perdagangan atau transaksi tertentu diselenggarakan
Pasar barang
Adalah tempat di mana perusahaan dan rumah tangga berinteraksi untuk melakukan jual beli barang yang dihasilkan dalam masyarakat.
Pasar faktor
Adalah tempat di mana perusahaan dan rumah tangga berinteraksi untuk meminta dan menawarkan faktor-faktor produksi, rumah tangga menawarkan tenaga kerja, tanah, modal, dan keahlian kewirausahaan. Perusahaan akan menggunakan faktor-faktor produksi tersebut.
Qualified Opinion
(Pernyataan Bersyarat) Pernyataan pendapat akuntan publik atas Laporan Keuangan Badan usaha yang diperiksanya memperlihatkan posisi keuangan yang wajar secara bersyarat
Quorum (Kuorum)
Jumlah minimum hak suara pemegang saham yang harus hadir dalam RUPS untuk dapat mengambil suatu keputusan sesuai anggaran dasar perusahaan
Quotation (Catatan Harga Efek)
Harga permintaan tertinggi dan harga penawaran terendah dari suatu saham (sekuritas) atau komoditi
Real Effective Exchange Rate (REER)
Indeks nilai tukar riil yang diukur dengan cara membandingkan nilai tukar tertentu dengan sekumpulan nilai tukar (basket currency) beberapa negara lain yang telah disesuaikan dengan inflasi pada tahun tertentu dan menggunakan bobot timbangan nilai perdagangan negara-negara tersebut. Saat ini pengukuran menggunakan tahun dasar 1995 dengan membandingkan pada 8 negara mitra dagang
Real estate
adalah kata benda, properti, tanah dan bangunan. broker real estate adalah sebutan profesi untuk orang yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli properti
Real Time Gross Settlement (RTGS)
Merupakan suatu penyelesaian kewajiban bayar membayar (settlement) yang dilakukan secara on-line atau seketika untuk setiap instruksi transfer dana
Record Date (Tanggal Catat)
Tanggal pendaftaran nama pemegang saham dalam buku saham emiten agar yang bersangkutan dapat menerima dividen hak suara dan lain-lain
Recovery
Penjualan atas obyek pertanggungan. Tujuannya untuk memperkecil nilai kerugian pihak penanggung.
Redemption
Pembayaran untuk mendapatkan kembali surat utang, obligasi, atau saham, barang jaminan hipotik atau gadai, dan sebagainya dengan maksud melunasi utang
Redemption (Pelunasan)
Pelunasan sekuritas oleh emiten sebelum hari tunai
Redemption Premium (Premi Tebusan)
Premi yang dibayarkan oleh emiten atas penarikan sekuritas yang besarnya sesuai dengan syarat perjanjian antara emiten dengan pembeli pertama saham/sekuritas
Redemption Value (Nilai Tebusan)
Harga obligasi pada saat dilakukan penebusan/pelunasan
Refunding/Refinancing (Dana Tarik)
Penjualan saham/sekuritas baru oleh emiten yang hasilnya dipergunakan untuk menarik saham/sekuritas yang telah diterbitkan
Seat (Kursi Bursa)
Hak keanggotaan dalam bursa sekuritas, dengan memenuhi persyaratan pengurus atau membayar permintaan pemiliknya
Secondary Market
(Pasar Sekunder) Suatu transaksi yang berlangsung pada setiap hari bursa bertempat di bursa efek terhadap saham-saham yang terdaftar di bursa efek. Proses transaksi ini berlangsung antara para broker baik atas nama sendiri maupun atas nama orang lain. Di dalam melaksanakan transaksi broker memperoleh imbalan tertentu (di Indonesia 1%) baik amanat jual maupun amanat beli
Securities Company
(Perusahaan Efek)Perusahaan yang telah memperoleh Izin Usaha berdasarkan keputusan ini untuk menjalankan satu atau beberapa kegiatan sebagai berikut : Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek, Manajer Investasi, atau Penasehat Investasi
Securities Exchange
(Bursa Efek) Tempat pertemuan termasuk suatu sistem elektronik tanpa tempat pertemuan yang diorganisasikan dan digunakan untuk menyelenggarakan pertemuan penawaran jual beli atau perdagangan efek
Securities Loan
(Pinjaman Sekuritas) Pinjaman efek dari seorang perantara kepada perantara lain biasanya untuk menutupi perdagangan short sale Perantara yang memberikan pinjaman efek dijamin oleh uang tunai senilai efek yang dipinjamkan
Securities Trading
(Perdagangan Sekuritas) Suatu transaksi efek akan terlaksana bila pembeli dan penjual sepakat pada suatu harga dimana perdagangan tersebut dilaksanakan
Security
Bukti yang bersifat dokumenter mengenai utang atau hak milik yang adil dari suatu organisasi dagang atau keuangan lainnya
Security Features
Unsur pengaman yang ada pada uang
Seed Money
Pembiayaan awal yang dilakukan oleh pemodal ventura (ventura capitalist’s) bagi perseroan yang baru berdiri
Sell on strength
Harga diharapkan naik dalam jangka pendek tetapi masih negatif dalam jangka lebih panjang pertimbangkan jual ketika harga mendekati level resisten
anah
Adalah salah satu bentuk faktor produksi, yaitu benda/unsur yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Tanah meliputi juga kekayaan alam atau benda lain yang dikandungnya. Misalnya laut dapat juga dipandang sebagai faktor produksi.
Tangan gaib (invisible hand)
Adalah istilah yang diciptakan oleh Adam Smith yang pada hakikatnya mengatakan bahwa dalam sistem pasar bebas tidak terdapat manusia atau institusi yang akan mengatur kegiatan dalam perekonomian. Kegiatan ini sepenuhnya didasarkan kepada interaksi di antara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi di pasaran.
Target Company
(Sasaran Perusahaan) Suatu perusahaan yang dipilih oleh pemodal untuk melakukan take over
Target Price
(Sasaran Harga/Kurs) Suatu harga yang diharapkan pemodal meningkat di dalam periode tertentu pada saat ia membeli saham suatu perusahaan
Technical Analysis
(Analisa Teknis) Suatu teknik analisa terhadap permintaan dan penawaran efek yang didasarkan pada volume transaksi serta perkembangan harga
Technical Sign
Kecenderungan jangka pendek yang oleh analis teknikal dilihat sebagai bagian yang penting dari pergerakan harga suatu efek
Tempat Penyerahan
Lokasi dan fasilitas yang ditetapkan oleh Bursa Berjangka sebagai tempat penyimpanan dan penyerahan komoditi fisik untuk memenuhi Kontrak Berjangka yang jatuh tempo
Tenaga buruh/kerja
Adalah bagian dari penduduk suatu negara yang dapat digunakan dengan faktor produksi lain untuk melakukan kegiatan produktif dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Di berbagai negara, yang tergolong sebagai tenaga buruh adalah penduduk yang berumur di antara 15 hingga 64 tahun.
Teori penawaran
Adalah analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran, dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.
Teori permintaan
Adalah analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan permintaan, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan di pasar.
Term of Trade
Suatu indeks yang menggambarkan daya saing perdagangan international suatu negara. Indeks tersebut diukur dari perbandingan harga ekspor dengan harga impor
Thin Market (Pasar Sepi)
Situasi pasar dimana hanya sedikit amanat jual amanat beli yang terjadi
Uang Giral
Terdiri atas rekening giro, kiriman uang, simpanan berjangka dan tabungan yang sudah jatuh waktu, yang seluruhnya merupakan simpanan penduduk dalam rupiah pada sistem moneter.
Uang Kartal
Terdiri atas uang kertas dan uang logam yang berlaku, tidak termasuk uang kas pada KPKN dan bank umum.
Uang Kuasi
Terdiri atas simpanan berjangka dan tabungan penduduk pada bank umum, baik dalam Rupiah maupun valuta asing.
Uang Primer
Kewajiban otoritas moneter yang terdiri atas uang kartal. Reserve bank umum (sering disebut alat likuid bank umum yang terdiri atas kas bank umum dan giro bank umum pada Bank Indonesia), serta giro swasta bukan bank (penduduk) pada Bank Indonesia
Uang Yang Diedarkan (UYD)
Uang kartal yang berada di masyarakat ditambah dengan uang kartal yang berada di kas bank-bank. Pengertian UYD dimaksud sama dengan uang kartal di dalam konsep moneter
Undercapitalization
Situasi dimana suatu perusahaan tidakmemiliki modal yang cukup untuk melaksanakan usaha pokoknya secara normal
Undervalued (Penilaian Rendah)
Efek yang dijual dibawah nilai likuidasinya atau nilai pasar yang seharusnya diterima oleh pemegang saham. Hal ini terjadi karena industrinya kurang populer, perusahaan yang kurang dikenal atau perusahaan tersebut mempunyai pendapat yang tidak menentu di masa lalu
Underwriter (Penjamin Emisi)
Suatu Badan (Perusahaan Sekuritas) atau Lembaga Penunjang dalam proses Emisi Efek, yang selanjutnya bertindak untuk melaksanakan penjaminan atas keberhasilan penjualan Emisi Efek tersebut
Unit Of Trading
(Unit Perdagangan) Standard Jumlah saham, obligasi yang diperkenankan untuk diperdagangkan di bursa efek
Value Broker
Perusahaan perantara yang menetapkan komisinya berdasarkan persentase nilai transaksi yang dilaksanakan
Variabel (ekonomi)
Adalah data ekonomi (misalnya harga atau kuantitas barang yang diproduksi yang dihubungkan dengan data ekonomi lainnya untuk menjelaskan atau mengetahui sifat hubungan di antara kedua data ekonomi tersebut. Setiap data ekonomi dapat digolongkan sebagai variabel apabila data itu dihubungkan dengan data ekonomi lainnya untuk menerangkan sifat hubungannya.
Venture Capital (Modal Ventura)
Sumber dana penting yang digunakan bagi perusahaan yang baru memulai usahanya dan mempunyai prospek yang baik. Sekalipun demikian penanaman modal ventura ini juga mengandung risiko sehingga sering disebut pula Risk Capital
Venture Capital Company
(Perusahaan Modal Ventura) Badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu perusahaan lain (Investasi Company) untuk jangka waktu tertentu
Vesting
Hak dari seorang karyawan untuk menerima keuntungan yang disumbangkan karyawan (employer contribute benefits). Hak ini diperoleh seorang karyawan setelah mengabdi kepada perusahaan di dalam jangka waktu tertentu. Contoh dari vesting seperti hak pensiun, hak untuk memperoleh pembagian keuntungan (profit sharing plan)
Volatility
Pergerakan harga saham yang naik turun secara tak beraturan.
V-top
Istilah dalam perdagangan saham. Ini adalah salah satu bentuk daripattern. Disebut V-top karena bentuknya yang seperti huruf V terbalik. Harga saham terlihat mengalami kenaikan yang sangat tajam pada dua atau tiga hari perdagangan dan kemudian kembali mengalami penurunan (retrace). Retracement yang terjadi, umumnya hingga 50-100% dari kenaikan harga yang telah terjadi.
Wakil Penasehat Berjangka
Orang perseorangan yang melaksanakan sebagian fungsi Penasehat Berjangka, yang berdasarkan kesepakatan dengan Penasehat Berjangka dan atas nama perusahaan berwenang berhubungan langsung dengan calon klien atau klien dalam rangka melakukan transaksi Kontrak Berjangka di Bursa Berjangka
Waran
Efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang Efek untuk memesan saham dari perusahaan tersebut pada harga tertentu untuk 6 (enam) bulan atau lebih
Wash Sale (Jual Fiktif)
Jual beli saham secara fiktif yang dilakukan dua orang atau lebih broker /komisoner dengan tujuan untuk menciptakan catatan harga tertentu (lazimnya tindakan ini dilarang oleh undang-undang ataupun peraturan bursa)
White papers
lebih merupakan dokumen yang memuat usulan (proposal) bagi Komisi Eropa menyangkut bidang tertentu; terkadang merupakan kelanjutan dari green papers yang dipublikasikan dalam proses konsultasi di tingkat Uni Eropa. Jika green papers lebih berkaitan dengan upaya menggali/menetapkan gagasan yang disajikan untuk diskusi dan debat publik, white papers lebih memuat sehimpunan usulan resmi dalam bidang kebijakan tertentu dan digunakan sebagai wahana untuk pengembangannya.
Windfall Profit
(untung Tak terduga) Keuntungan yang tidak disangka-sangka atau tidak diperkirakan sebelumnya
Winding Up (Pembubaran)
Pembubaran suatu usaha melalui perintah pengadilan, atau melalui ketetapan istimewa oleh para kreditur atau pemegang saham. Harta harus dijadikan uang untuk menutup hutang-hutangnya serta biaya-biaya usaha itu
Window Dressing
(Manipulasi Data) Tindakan dalam menyusun laporan keuangan sedemikian rupa sehingga hal-hal yang kurang baik mengenai perusahaan yang bersangkutan disembunyikan
Working Capital
(Modal Kerja)
X Or X D
Suatu symbol yang biasa digunakan di dalam pengumuman surat kabar untuk menunjukkan bahwa saham yang diperdagangkan adalah ex dividen (tanpa dividen). Simbol “x” juga digunakan untuk obligasi tanpa bunga
Year End Dividend
(Dividen Tahun Buku) Dividen ekstra yang dibayarkan pada akhir tahun buku disamping dividen biasa
Yield (Hasil)
Hasil dividen yang dalam bahasa asingnya disebut “Dividen Yield”tergantung pada tingkat dividen serta harga yang dibayar untuk saham itu
Yield Advantage
(Pertambahan Hasil) Tambahan Tingkat pengembalian yang akan diperoleh pemodal jika ia membeli Convertible Security dibandingkan dengan saham biasa yang diterbitkan secara bersamaan oleh perusahaan
Yield Spread (Hasil Ragam)
Perbedaan yield diantara berbagai penerbitan efek. Didalam membandingkan obligasi biasanya dikaitkan dengan berbagai obligasi yang mempunyai kualitas yang berbeda-beda satu sama lain
Yield To Maturity
Konsep yang digunakan untuk menentukan berapa tingkat pengembalian yang diterima pemodal bila menginvestasikan dana pinjaman jangka panjang (obligasi) dikaitkan dengan saat jatuh temponya


Zero Minus Tick
Penjualan saham yang diadakan pada harga yang sama dengan harga sebelumnya tetapi lebih rendah dari harga lain yang terakhir
Zero Plus Tick
Penjualan saham yang diadakan pada harga yang sama dengan harga sebelumnya tetapi lebih tinggi dari harga lain yang terakhir
Zero-Coupon Security
Suatu efek yang tidak memberikan bunga secara periodik tetapi dijual dengan potongan dari harga nominalnya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments