PERANCIS




ILMU BUDAYA DASAR
KEBUDAYAAN  EUROP


Pendahuluan


              Perancis, siapa yang tidak mengetahui Negara yang satu ini ? Perancis sangat sering terdengar ditelinga kita karena keindahan alam dan budayanya yang membentang. Perancis terletak di benua Eropa bagian Barat. Perancis tidak dipimpin oleh presiden,hal itu disebabkan karena perancis merupakan kesatuan semi-pressidensia, yang mengutamkan DEKHAM dan Warga negaranya.
             Perancis adalah negara terpadat ke-19 di dunia. Hal ini lah yang menjadikan salah satu faktor  Perancis menjadi Negara yang  kaya akan budayan. Karena padatnya penduduk dan potensi individu yang ada, hal ini menarik saya untuk membahas budaya masakan di Prancis pada bahan tulisan saya saat ini.
            Salah satu budaya yang akan saya bahas saat ini ialah
“Cuisine Francaise” dalah suatu bahasa yang menunjukkan arti hidangan Perancis. Hidangan ini sangat berubah dari tahun ketahunnya seiring dengan berubahnya keadaan sosial dan politik. Hidangan ini sangat popular dengan kelezatannya dan merupakan hidangan yang sulit dan menantang untuk dikuasai oleh para pemasak dunia.
         
Hidangan Perancis sangat beragam. Hal ini disebabkan karena rakyat Perancis sangat suka menyantap dan menyediakan hidangan yang menarik. Selain itu hal ini juga disebabkan oleh letak dan iklim yang mempengaruhi produksi berbagai jenis komoditi pangan. Karena keanekaragaman hal tersebut hidangan Perancis mendapatkan penghargaan sebagai  Warisan Budaya Dunia UNESCO pertama yang dimiliki suatu bangsa pada tanggal 16 November 2010 di Nairobi,Kenya.

    


Hane Kartika

       
  Sejarah Terjadinya Hidangan Perancis
[ Abad ke 15-19 ]
        Perancis mempunyai sejarah yang panjang dalam bidang kuliner. Pada abad ke-15, Cathrine de Medici  menikah dengan calon Raja Henry II yang bernama Henry duc d’Orleans yang berpidah kediamanya dari Itali ke Prancis dengan membawa buku resep hidangan Itali. Pada saat itu, Perancis belum tesohor karena budaya kulinernya. Tapi pada saat kepindahanya Catherine membawa beberapa ahli masakan Itali untuk memperkenalkan banyaknya jenis hidangan,dan cara serta aturan persiapan makan malam ke Perancis. Selang beberapa tahun bangsa Perancis mulai menciptakanhidangan yang penuh dengan cita rasa yang sangat mengagumkan. Dari hubungan antara kebudayaan Italilah yang mendorong awal mula terjadinya hidangan cita rasa khas Perancis.
         Pada tahun 1625, sebuah buku mask pertama keluar di Perancis  yang ebrjudul Le Cuisine Francois hasil karya dari La varenne. Buku karanagan La Varenne mrnjadi bukti bahwa tradisi
kuliner Perancis telah menjadi suatu hal yang penting dalam budaya hidangan malam di Eropa.
        Sampai penjaara Bastille di boboltahun 1789 separu rakyat kecil Perancis mulai mengkonsumsi hidangan berupa palawija, pada tahun ini rakyat golongan atas semakin kuat sehingga menyebabkan adanya perbedaan perlambangan status social dalam hidangan.
       Pada abab ke -19 terciptalah suatu sajian Prancis yang diberi nama Haute cuisinine  yang telah beredar dan disajikan dirumah-rumah para golongan tinggi namun sangat disayangkan masyarakat yang mempunyai kedudukan rendah masih menderita akan terbatasnya menu hidangan. saat ini pula Marie-Antonie Careme membuat model hidangan Haute dan mempopulerkan toque, topi tinggi berwarna putih yang dipakai bersama serangam chef sampaii saat ini.
[Abad ke-20]
       Hidangan Perancis mengalami perubahan yang sangat besar diabad ini. Program kuliner haute berkembang sangat pesat dan dikenal akan cara penyajian yang rumit. Saat ini pula muncul  hidangan baruyang bernama Nouvelle Cuisine  yang dimulai pada tahun 1970-an yang dimana resmi menggeser kekopuleran masakan klasik yang identik dengan penyajiannya yang rumit.
Ciri hidangan ini adalah denngan menggunakan saus krim dan menitik beratkan rasa yang murni tanpa menggunakan banyak bahan dan cara penyajian yang fleksibel. Kehadiran Novelle Cuisin memberikan udara baru bagi hidangan Perancis sampai sekarang .
Hidangan Perancis modern mulai berkembang pada masa Perang Dunia I. Sistem transportasi yang semakin baik diawal pertama abad ke-20 ikut mendorong kedua jenis kuliner kelas atas dan daerah yang sebelumnya terpisah.  Pada Perang Dunia II, indrusi pariwisata berkrmbbang pesat dan menyebabkan masakan-masakan khusus para golongan tingkat tinggi dapat dinikmati warga dengan harga terjangkau.
[ Saat ini ]
    
Saat ini banyak rakyat Perancis dapat menikmati berbagai jenis hidangan apapun. Saat ini pula kafe dan Bistro menyebar diseluruh negri dan warga dapat sendiri menilai kualitas hidangannya.


Masakan Khas Daerah
     Perancis memiliki berbagai macam hidangan daerah, hal ini disebabkan karena setiap warga Perancis memasak dengan cara berbeda. Orang Perancis sangat paham dalam memilih bahan-bahan untuk membuat satu hidangan agar terasa sempurna. Contohnya Seperti :
    
Wilayah pesisir, seperti Brittany dan Normandy di barat laut mengunakan bahan ikan laut dan udang  serta lebih banyak menggunakan emntega dank krim asam (crème fraiche ) dan bahan buah apel untuk membuat hidangannya.
     Wilayah Perancis Selatan yang memakai nuansa Mediterania menghasilkan produk jamur, daging bebek, herba, tomat, minyak zaitun serta rebusan kacang dengan daging yang akan menghasilkan suatu hidangan yang diberinama Cassoulet.
     Wilayah Perancis Utara memiliki hasil-hasil khas rumah pertanian khusus yang melimpah seperti apel, susu, daging babi, kentang,  sosis dan bir.
     Wilayah Alsace-lorraine, Perancis bagian timur laut secara berganti pernah diduduki oleh Jerman dalam waktu yang lama. Pengaruh hidangan jerman sangat melekat dengan warga daerah Alsace ini sehingga hidangan wilayah ini  agak mengikuti hidangan khas Jerman Yaitu hidangan yang dicacar, daging asap serta bir .
     Wilayah Gascone juga memilik jenis masakan yang mendapat kuliner sepanyol.
     Wilayah Paris dikenal dengan jenis hidangan sup bawang dengan potongan keju dan roti panggang
       Wilayah Bordeaux memiliki hidgan berupa bawang yang disajikan dengan campurna keuning telur, susu, dank rim kental.



Kategori Masakan
Hidangan Perancis memiliki proses memasak dan penjyajian yang tersusun dari beberapa ketentuan. Setiap budaya hidangan Perancis mewakili budaya hidangan rakyatnya .
Cuisine bougeoise atau yang seringing disebut hidangan klasik adalah satu jenis
               hidangan yang dulunya berasal dari jenis hidangan daerah. Jenis hidangan klasik ini
               memiliki ciri banyak menggunakan saus krim.          

Haute cuisine atau yang biasa di sebut makanan agung dalah jenis hidangan klasik yang
              disajikan dengan cara yang unik dan ekstrim. Hidangan jenis ini menmiliki cirri
              elegan,ramai,mewah dan menggunakan krim yang banyak, sayuran dalam hidangan
              pun harus dipotong dengan ukuran yang tepat dan seragam dan umenggunakan biaya
              yang cenderung mahal untuk proses pengolaanya.              

Cuise nouvell atau yang biasa disebut hidangan baru adalah jenis hidangan yang
              kurang beragam serta tidak tertitik atau tertuju pada penggunaan saus krim yang
              terlalu banyak cara penyajian juga sangat singkat dan bahan bahan pengolanya pun
              adalah bahan bahan produksi pangan musima

 Cuive de terrior adalah jenis hidangan yang tertitik pada pengembangan hidangan khas
              daerah. Hidangan ini bersifat daerah karena bahan bahan pengolanya berasal dari
              produk pangan lokal. Hidangan ini sangat mencuri hati penduduk Perancis saat ini.

Bahan-bahan dan produk
             Hidangan perancis pada dasarnya memakai bahan-bahan produksi segar yang berkualitas tinggi, lalu dimasak dengan cara yang telah ada . Perancis dengan keadaan letak yang beragam, memiliki kesatuan yang baik antara kesuburan tanah dan cuacanya yang dimana dapat menghasilan bahan yang berkualitas baik atau nomer satu. Pangan utama wilayah perancis  dihasilkan oleh perternakan, kebun dan lingkungan laut. Seperti :
Keju
       Perancis adalah daerah terbanyak yang menghasilkan keju di dunia yaitu sebnyak 400 jenis keju Fromage. Keju-keju tetrsebut dibuat dari berbagai jenis bahan ada yang mengunakan bahan yang dibuat dari susu sapi, susu biri-biri, susu kambing. Keju di Perancis  tidak hanya disajikan sebagai bahan hidangan namun juga disajikan sendiri. Keju yang Terkenal di Perancis ialah Roquefort, Briw dan Camembert.
Mayones
       Mayones adalah salah satu jenis saus khas Perancis saying ditemukan didaerah Mayenne. Mayones dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka.
Mostar
 Perancis memproduksi jenis saus mostar terbaik di dunia, khusunya si kota Djion.

Aktivitas dan kebudayaan makan

Makan Pagi ( Sarapan )
Sarapan dinegara Perancis umunya terdiri dari kopi dengan susu pana, kopi panass disajikan dimangkuk dengan roti panggang yang dioles selai. Atau variasi lainya yaitu steak,kentang goreng , sup, dan ham
Makan Siang
Makan siang di Negara perancis disebut dejeuner, makan siang di Negara ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama di mulai dengan makanan pembuka dan makanan ringgan . Umunnya pada makan siang warga perancis paling banyak mengkonsumsi makanan ringan seperti rotilapis ham dengan keju meleleh.
Makan Malam
Makanan malam di wilayah perancis disebut dengan diner , menu yang disajikan iyalah sup sebagai makanan pemnbuka dan dilanjutkan dengan baguette atau roti lapis dan dapat ditambah dengan minuman anggur
 

Minuman
            Banyak minuman keras diproduksi di Perancis seperti Cognac, Armagnaac, Calvados dan Gran mariner. Pada awal abad ke-17 seorang birawan bernama Dom Perignon menciptakan sebuah minuman yang diberi nama Champagne.

Anggur

Anggur merah Perancis
Orang atau warga perancis memimpin dalam hal konsumsi dan produksi minuman aggur didunia. Sekitar 25% anggur dunia dibuat di Perancis, 10 juta botol pertahunya dibuat dan hanya 5% yang diexpor. Orang perancis meminum anggur 90 liter pertahunya. Anggur di anggap sebagai minuman penting di setiap sajian makanan, harga anggur di Perancis sangat terjangkau. Setiap hari anggur dapat diminum.

PENUTUP

         Sungguh Negara yang menabjubkan dan mengesankan  karena hanya dengan makanan dewan UNESCO dapat menetapkan masakan Perancis sebagai Warisan Budaya Dunia . Sungguh hal yang harus kita contoh untuk menjaga asset budaya Negara kita agar dapat tetap hidup dan ber inovasi disetiap waktunya.
        Begitulah sedikitnya yang bisa saya bahas tentang keanekaragaman budaya masakan di Negara Perancis, semoga bahan tulisan saya ini dapat membantu anda untuk mempelajari budaya-budaya di dunia khususnya Eropa,Prancis.

                                                                      TERIMAKASIH
Sumber : Wikipedia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 


           

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Poskan Komentar