DESAIN RISET



DESAIN RISET

Pengertian Desain Riset
            Desain Riset adalah kerangka atau frame work untuk mengadakan penelitian ( misalnya : marketing resech project ). Yang dimana didalamnya tercakup penjelasan secara rinci mengenai Tipe Desain Riset yang memauat prosedur yang sangat dibuutuhkan dalam upaya memperoleh informasi untuk mengolah data yang ada dalam rangka memecahkan masalah. Jenis-jenis Desain Riset

Jenis-Jenis Desain Riset
1. Desain Eksploratori
            Desain yang berusaha mencari ide-ide atau hubunhan-hubungan yang baru sehingga dapat dikatakan bahwa desain ini bertitik tolak dari variabel, bukan dri fakta.

2. Desain Deskriptif

Desain ini bertujuan untuk menguraikan sifat atau karkeristik fenomena tertentu. Penelitian ini kurang memerlukan teorisasi dan hipotesis sehingga dapat bekerja pada satu variabel saja.

3. Desain Kausal

Desain kausal berguna untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.

KLASIFIKASI RANCANGAN RISET RANCANGAN RISET

 

EKSPLORASI, DESKRIPTIF, DAN SEBAB-AKIBAT EKSPLORASI


EKSPLORASI
DESKRITIF
SEBAB-AKIBAT EKSPLORASI
TUJUAN
Mencari wawasan dan gagasan
Menjelaskan karakteristik atau fungsi
Menentukan hubungan sebab-akibat
KARAKTERISTIK
Luwes, rumit, menghasilkan rancangan riset akhir
Didahului oleh perumusan hipotesis dan rancangan riset terstruktur
Manipulasi satu atau lebih peubah
METODE
Penjajagan ahli, percobaan, riset kualitatif, data sekunder
sekunder Data sekunder, survey, Observasi
Eksperimen

 
RISET EKSPLORATORI

Tujuan riset eksploratori adalah untuk menjajagi atau membedah suatu masalah secara menyeluruh dengan teliti untuk memperoleh wawasan (insights) dan pemahaman (understanding)
1.      Beberapa manfaat eksplorasi Merumuskan atau membuat batasan masalah secara lebih tepat dan rinci
2.      Mengidenifikasi alternatif arah tindakan
3.      Merumuskan hipotesis
4.      Mengisolasi peubah kunci dan saling hubungannya untuk penyelidikan lebih lanjut
5.      Memperoleh gagasan untuk mengembangkan pendekatan terhadap masalah Membuat prioritas untuk penelitian selanjutnya

RISET DESKRIPTIF

Tujuan riset deskriptif adalah menjelaskan suatu topik yang biasanya berupa fungsi atau karakteristik pasar Menjelaskan karakteristik kelompok tertentu misalnya konsumen, wiraniaga (salespeople), organisasi, dan area pasar. Misalnya riset untuk menentukan profil konsumen berat (heavy buyer) dari adipasar tertentu Estimasi persentase populasi tertentu dengan perilaku belanja tertentu Menentukan persepsi terhadap karakteristik produk Menentukan hubungan peubah perilaku belanja misalnya belanja sambil makan di luar rumah Membuat prediksi yang spesifik misalnya prediksi belanja pada adipasar tertentu pada daerah tertentu

RANCANGAN SEKSI SILANG DAN JAMAK SEKSI

1.      Tipe rancangan riset yang meliputi pengumpulan informasi dari sembarang unsur populasi yang dilakukan hanya sekali saja.
2.      Rancangan seksi silang tunggal adalah tipe rancangan di mana hanya satu responden yang ditarik dari populasi target dan informasi dikumpulkan hanya dari responden itu dan dilakukan sekali saja.
3.      Rancangan seksi silang jamak adalah tipe rancangan di mana hanya dua atau lebih responden yang ditarik dari populasi target dan informasi dikumpulkan hanya sekali saja dari tiap responden itu
4.      Analisis kohort adalah tipe rancangan seksi silang jamak yang terdiri atas satu seri survey yang dilakukan pada interval waktu tertentu. Kohort merupakan kelompok responden yang mempunyai pengalaman yang sama pada interval waktu yang sama

RANCANGAN RISET JANGKA PANJANG (LONGITUDINAL RESEARCH DESIGN)

Tipe rancangan riset yang menyangkut responden tertentu dari elemen populasi yang dihitung berulang-ulang. responden tetap sama sepanjang penelitian sehingga dapat memberikan gambaran yang mencerminkan ilustrasi suatu situasi dan perubahannya secara jelas sepanjang jangka waktu penelelitian.

PANEL

            Panel, yang acap disamakan dengan longitudinal, adalah responden biasanya rumah tangga yang mau memberikan informasi untuk rentang waktu tertentu dalam periode waktu berkelanjutan. Perusahaan sindikasi mempertahankan panel dan anggota panel diberikan imbalan atas partisipasi mereka berupa hadiah, kupon, informasi, atau uang tunai. Contoh panel adalah rancangan yang dibuat untuk mengetahui perubahan sikap wanita terhadap kegiatan atau acara tertentu.

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN RANCANGAN LONGITUDINAL DAN RANCANGAN SEKSI SILANG KRITERIA EVALUASI RANCANGAN SEKSI-SILANG RANCANGAN LONGITUDINAL

RISET SEBAB AKIBAT

1.      Tipe riset inferensi dengan tujuan untuk memperoleh kenyataan yang hubungannya bersifat sebab-akibat.
2.      Untuk mengetahui peubah yang menjadi penyebab (independent variable) dan peubah akibat (dependent variable) dari suatu fenomena.
3.      Untuk menentukan sifat atau hakikat hubungan antara peubah penyebab dan peubah yang akibatnya akan dibuat prediksinya.

HUBUNGAN ANTARA RISET EKSPLORATORI, DESKRIPTIF DAN SEBAB AKIBAT

1.      Jika hanya sedikit informasi yang diketahui tentang masalah yang akan diteliti, riset eksploratori dilakukan sebagai perintis untuk dapat merinci situasi masalah, membuat arah dan langkah-langkah selanjutnya.
2.      Riset eksploratori umumnya diikuti oleh riset deskriptif atau riset sebab akibat.
3.      Tidak selamanya riset dimulai dengan riset eksploratori karena hakikat riset tergantung dari situasi yang dihadapi.Riset kepuasan konsumen yang dilakukan tiap tahun misalnya tidak perlu dimulai dengan riset eksploratori.
4.      Riset eksploratori dapat membantu pemahaman riset deskriptif atau riset sebab-akibat. Riset tentang penentuan harga yang dihasilkan oleh riset sebab-akibat atau disekriptif sukar dipahami oleh para manajer sehingga pemahamnya perlu dibantu dengan riset eksplorasi.



















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar