PERILAKU KONSUMEN I PENDAHULUAN
PERILAKU MONSUMEN
BAB I
“PENDAHULUAN”
“PENDAHULUAN”
NO.
|
NAMA LENGKAP
|
NPM
|
1
|
HANE KARTIKA
|
13211191
|
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013-2014
ILMU EKONOMI – MANAJEMEN SI
2013-2014
ILMU EKONOMI – MANAJEMEN SI
PERILAKU KONSUMEN
I
I
PENDAHULUAN
1.
Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen?
2.
Pemikiran yang benar tentang konsumen
3.
Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang
dinamis
I.I Pengertian Konsumen
Perilaku
Konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan dalam mencari, menukar, menggunakan,
menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap memuaskan kebutuhan
mereka.
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen antara lain adalah :
Menurut James F. Engel - Roger D. Blackwell - Paul W-miniard dalam Saladin
terdapat tiga faktor yang mempengaruhi, yaitu :
“ Pengaruh Konsumen, terdiri dari budaya, kelas sosial,
keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami
pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil
keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang komplek,
dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut
diatas.”
Perbedaan
dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan,
sikap, kepribadian, gaya hidup dan demografi. Perbedaan individu merupakan
faktor internal yang menggerakan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor
tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam keputusannya.
Proses
psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap,
dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian
konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam
pengambilan keputusan pembelian.
I.II Pemikiran yang
Benar tentang Konsumen
Konsumen
adalah seseorang atau sekelompok orang yang membeli suatu produk untuk dipakai
sendiri dan tidak untuk dijual kembali. konsumen adalah raja sebenarnya, oleh
karena itu sebagai produsen yang memiliki prinsip holistic marketing sudah
seharusnya memperhatikan semua yang menjadi hak-hak konsumen.
“Konsumen adalah Raja.”
Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian.
Perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasif.
Bujukkan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara
sosial.
Bila keempat
premis ini tidak dipakai, maka konsekuensinya hampir selalu negatif.
I.III Penelitian Konsumen sebagai Suatu Bidang yang dinamis
Dalam kegitan ekonomi tentu kita sering mengenal kata konsumen. Konsumen mempunyai keputusan untuk memiliki barang yang hendak dibeli. Dalam perilaku konsumen kita dapat mengetahui bagaimana cara konsumen memilih barang yang menjadi pilihan konsumen.
Penelitian Konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis yakni bahwa konsumen memiliki sifat berbeda-beda. Bahkan seorang konsumen dapat berganti selera sesuai pola pikir, daya beli, maupun rasa maka hal yang berubah dalam perilaku konsumen itu merupakan hal yang wajar. Maka dari itu kedinamisan yang ada dari perilaku konsumen harus disesuaikan oleh para produsen yang wajib menciptakan inovasi-inovasi baru dalam menghasilkan barang.
0 komentar:
Posting Komentar